Dari Suka, Penasaran, Dan Ketagihan #Part4

SAMPURASUN9

“Kenalin nama saya Bayu dan saya ini orang baik. Saking baiknya saya, kalo ada semut cari makan saya cariin. Ada anjing belum mandi saya mandiin. Sampe ada kucing belum hamil, saya hamilin”. Itu adalah materi pertama saya yang membuat saya pede dibawa ke openmic mana-mana. Meskipun kalo denger materi itu sekarang ngerasa geli sendiri dan pengen ngeles : Engga! Bukan si Bayu yang nulis. Bukan.

Gelinya karena itu materi yaampun absurd sekali. ‘ada semut cari makan, saya cariin’ tau darimana itu semut lagi cari makan? Gerak gerik semut gimana gitu sampe saya bisa tau dia lagi cari makan? Wkwk. ‘Ada anjing belum mandi, saya mandiin’ rajin dan ga punya kerjaan sekali sepertinya, ada anjing belum mandi yaudah gitu, ga terlalu menggangu kok pengen saya mandiin. Haha. ‘sampe ada kucing belum hamil, saya hamilin’ ini sih fix dulu saya kelainan sex. Wkwk.

Dari materi kucing itu saya jadi pede bawa materi lain karena biasanya kalo saya bawa materi kucing itu respon penonton cuma dua, antara emang ketawa atau mikir : aneh banget ini orang. Saya pernah ikut lomba sana sini untuk nambah jam terbang dan waktu itu tidak terlalu mengharapkan juara, karena yang penting mah ikut aja dulu, juara mah bonus aja.

Beberapa kali ikut openmic saya semakin rajin menulis untuk menambah materi yang lucu. Saya punya keresahan tentang solat yang saya olah dan akhirnya bit solat ini yang setidaknya menggeser bit absurd kucing di hamilin di beberapa openmic dan lomba. Karena bit ini terkesan agamis dan yang jelas tidak mungkin dianggap kelainan sex. Haha.

Sampe pernah pas openmic di Bobercafe penampilan saya bisa dibilang pecah, dan kebetulan hari itu ada pengunjung yang sengaja datang untung mengundang komika Bandung untuk tampil di acara dia. Saya kaget karena saya dipilih untuk ngisi acaranya. Belum pernah sama sekali tampil di acara apapun terus sekalinya ada yang minta ngisi acara eh langsung dibayar. Waktu itu saya ngerasa belum pantes aja job pertama udah dibayar 600 ribu. Buat saya angka segitu gede sekali untuk 10 menit stand up.

Job Pertama

Karena ini adalah acara pertama saya, jangan sampe mengecewakan minimal dari attitude. Saya masih ingat waktu itu tampilnya dengan Guzman Sige dan diminta datang jam 7 pagi karena acaranya jam 8. Waktu itu pas ada kuliah saya tinggalin karena demi attitude yang baik dengan panitia acara dan dengan senior saya Mang Guzman. Bilang ke ibu saya juga sengaja meninggalkan kuliah karena bolos satu kali mah gpp yang penting dapet 600 ribu. Ya mungkin pemikiran ibu saya masih sederhana ‘selama itu menghasilkan gpp ngorbanin kuliah, asal bagi uangnya buat ibu’.

Ternyata, saya terkena prank oleh Mang Guzman. Saya telpon waktu itu dan bilang kalo acaranya jam 8 malem. “Heureuy urang bay, manya aya acara stand up jam 7 isuk-isuk. Hahaha.”. Saya mah karena pertama kali jadi ya mikir memang ada acara stand up jam 8 pagi. Kalo waktu itu Mang Guzman bilang acaranya jam 4 subuh juga saya datengin.

Penampilan saya di job pertama kurang memuaskan, karena saya terlalu grogi dan ga bisa ngatasinnya. Waktu itu saya terlalu kepikiran kalo ga bisa bikin penonton ketawa gimana? karena gaenak ngambil uangnya juga, tapi yasudahlah ambil aja karena beberapa bit ada yang dapet walaupun ga fullset.

Dulu yang jadi andalan saya untuk openmic adalah bit solat, lalu bit yang agak jorok memex.com dan toge (toket gede), sama bit jumatan. Udah beberapa bit itu doang. Saya dulu miskin bit stand up. Dari ke semua bit itu akhirnya mengantarkan saya ke panggung yang paling the best yaitu SAMPURASUN9.

SAMPURASUN9 ini adalah acara komunitas yang biasanya Stand Up Nite (SUN), tapi karena acara ini sudah lama tidak diadakan, dan baru diadakan kembali akhirnya menyapa lagi warga bandung makanya namanya SAMPURASUN9. Angka 9 ini adalah itungan kalo stand up Bandung sudah membuat 9 kali membuat SUN.

Dalam acara SUN umumnya ada guest star, ada comic lokal, dan opener. Guest star waktu itu adalah Hifzi Khoir, Indra Frimawan, Dicky Difie. Sedangkan untuk comic yang lokal dari komunitas stand up bandung ada Ge pamungkas. Sisanya comic yang namanya sudah gede dan dari stand up bandung menjadi co-host waktu itu.

Nah untuk opener nya dipilih dengan cara audisi. Saya masih inget dulu audisi dibuka untuk semua komunitas se Jawa Barat. Jadi mereka ngirim perwakilan untuk ikut audisi SUN ini. Beruntungnya saya waktu ikut audisi opener ini adalah tampil kedua setelah Elnard (komika asal purwakarta), waktu itu Elnard membawa bit yang berbau sex dan hampir fullset. Begitu saya naik, saya hanya menabrakan materi Elnard dengan materi agama saya. Alhamdulillah saya terpilih menjadi opener SUN9 bersama Cang Anto dan Delu.

Dari audisi SUN9 itu saya bisa lebih pede dan akhirnya ikut lomba yang diadakan Kompas Kampus di UPI waktu itu. Komika yang menang lomba di UPI bisa dapat kesempatan tampil di kompas tv. Waktu itu perwakilan yang ikut lomba Kompas Kampus ada Cang Anto, Arsy, Delu, Bintang, Habibi, dan Saya.

Saya lupa susunan line up nya siapa duluan yang tampil dalam lomba itu, tapi saya mendapatkan kesempatan paling terakhir untuk stand up setelah Habibi. Saya dan teman saya waktu itu mungkin sepakat kalo pada saat itu adalah pengalaman stand up yang luar biasa karena ditonton oleh hampir 1000 orang mahasiswa UPI.

Senang luar biasa, tapi masalahnya materi saya yang dibawa ke Jakarta untuk tampil di Kompas tv itu sedikit, jadi ketika stand up saya bawa materi solat. Penampilannya oke, tapi yang saya gatau adalah materi agama jangan dibawa di tv, apalagi yang agak detail kayak solat. Makanya pas beres penampilan kena jutek orang Kompas nya karena bawa materi agama. Hehehe. Pengalaman pertama di tv langsung zonk.

Saya lupa bedanya berapa hari, tapi ga nyampe seminggu saya harus melawan rasa degdegan saya karena mengahdapi panggung SAMPURASUN9. Degdegan setiap mau stand up saya selalu alamin, tapi panggung ini memberikan rasa degdegan yang berbeda. Pertama, karena ditonton temen komunitas sendiri yang sudah percaya kepada saya untuk berpenampilan baik. Kedua, karena ditonton pacar saya sendiri. Ketiga, karena tampil setelah Ge Pamungkas, yang mana dia adalah salah satu guest starnya pada saat itu.

Beberapa hari sebelum hari H SAMPURASUN9 terus menghapal materi dan merapihkan materi. Karena saya juga termasuk kepanitiaan, saya ikut rapat dan menanyakan gimana menghadapi panggung Saung Angklung Udjo nanti. Beberapa teman saya nyaranin untuk rilex aja, untuk santai, karena penonton disana udah pasti enak dan merhatiin. Itu sedikit membantu, tapi tetap degdegan luar biasa. Mang Diaz, salah satu senior saya di komunitas meminta saya untuk membawa orang tua saya pada saat SAMPURASUN, tapi saya gamau karena saya ga siap Ibu dan Bapak saya mendengar anaknya membawakan materi Memex dan Toge. Hahaha.

Alhamdulillah berjalan lancar, Alhamdulillah stand up saya juga dinikmati penonton, bahkan ada beberapa materi yang diingat oleh mereka. Bersyukur sekali. Ada dua penonton nyamperin saya dan meminta foto, hal yang sangat asing buat saya kalo ga kenal dunia stand up. Bahkan saking asingnya buat saya, saya sampe bingung nanggepin orang mau foto itu kayak gimana. wkwk.

Pencapaian itu hasil dari openmic ngebom, begadang nulis materi, openmic lagi dan masih ngebom, nulis lagi, sampe akhirnya punya materi yang bisa dibawakan dipanggung SUN9. Terimakasih Komunitas Stand Up Indo Bandung sudah memberikan saya kesempatan tampil di panggung Stand Up Nite. Saya akan lanjut lagi ceritanya nanti.

Hehehe.

0 comments:

Post a Comment