Ethan Bertanya : Gimana sih Hukum dalam Jumatan?

Ini adalah cerita gue, Ehan. Jumat minggu lalu menjadi hari yang degdegan buat gue. Bukan karena gue bakalan di kasih SP sama bos gue, tapi itu adalah hari dimana gue ibadah sholat jumat untuk pertama kalinya. Temen kerjaan gue udah dari kecil ngerasain jumatan, gue baru pertama kali. Maklumlah namanya juga mualaf.

Mungkin bagi kalian ibadah jumatan biasa aja. Tapi kalo kalian baru pindahan dari agama lain pasti akan ada degdegan. Takut salah niat, takut salah gerakan. Tapi Nurdin, ustad gue, selalu ingetin kalo ada yang salah bilang aja ‘Subhanallah’.

Waktu pertama kali gue masuk islam, hal yang gue tanya adalah ‘Apa yang mesti dilakukan setelah menjadi seorang muslim?’. Ustad yang jadi saksi gue mualaf bilang, ‘Ente banyak pelajari aja tentang agama islam, terus yang penting jangan pernah tinggalin sholat karena itu adalah dasar pondasi agama islam.’

‘oh gitu ya pak’, kata gue beberapa menit habis baca syahadat.

Ustad gue ini orangnya sederhana, dia kalo pergi kemana-mana bajunya selalu ganti penampilan, kadang dia pake kemeja, kadang pake kaos. Tapi kalo bawahannya, ustad gue seringnya pake sarung atau kalo engga celana katun. Sederhana aja. Dia tipikal orang yang kalo ngasih tau orang lain soal agama dengan nada halus, ga perlu pake emosi. Bagi ustad gue, kalo si orang yang dikasih tau engga nurut, nah baru dia pake nada yang tinggi.

Ustad gue ngajarin agama islam ke gue pun sederhana, ‘yang penting yang harus diingat dalam islam adalah rukun iman dan islam. Kalo ente berpatokan terhadap itu aja, insyaalah ente akan menjadi orang yang lebih baik.’

Temen se koperasi gue ada yang namanya anwar, semenjak gue jadi seorang muslim, gue jadi akrab sama si Anwar. Dulu sih ga terlalu akrab tapi karena gue mesti banyak belajar tentang islam dan Anwar ini salah satu orang yang di koperasi agamanya paling kuat, jadi gue deketin Anwar. Kalo lo bilang manfaatin, ya gapapa, emang iya gue manfaatin. Wajarlah kalo orang lulusan pesantren agamanya pasti kuat.

Waktu gue masih non muslim terus lewat mushola dan si Anwar jadi imam, gue yang dengerin dia baca suratnya ngerasa enak, terus adem. Pernah gue sempet tanya ‘kok lo bisa bagus gitu sih bacaan suratnya, An?’

‘Gue dulu pernah juara lomba murotal Quran, Han, makanya bagus’ dia ngejawab dengan agak sombong.

‘Jadi kalo gue masuk islam dan bacaan suratnya pengen sebagus lo gue mesti juara dulu?’ gue merespon dengan polos.

‘Bukan gitu. Rajin aja baca Quran, lama-lama lo ketemu nada yang enak buat lo sendiri kok.’ Anwar menjelaskan dengan santai. Sementara gue yang mendengar penjelasan Anwar kayak melihat ada cahaya terang dari mukanya. Gue tau itu lebay sih.

Karena jumatan ini adalah hal baru bagi gue, gue merasa antusias. Gue perhatiin orang-orang yang dateng ke jumatan. Ternyata ada berbagai macam tipe. Ini dari pandangan gue ya. Waktu gue jumatan, gue perhatiin ada yang datang emang bener merhatiin khotibnya ketika ceramah. Gue salut banget sama orang kayak gini, meskipun waktu itu suara speaker masjidnya agak kurang jelas tapi dia masih merhatiin.

Ada yang datang karena biasanya jumatan banyak pedagang yang jualan. Gue tau niatnya beribadah, jadi datang ke orang yang jualan ya semacam bonus aja kali, soalnya kadang hari jumat doang pedagang ngumpul di masjid.

Anwar ini, meskipun tadi gue bilang dia orang yang agamanya bagus, tapi kalo jumatan dia ga bisa ngelawan sama rasa ngantuk. Posisi dia kalo tidur di masjid itu duduk sila, tangan saling berpegangan, terus kepala yang tungkul. Kayaknya kalo ada orang yang lewat dengan posisi si anwar kayak gitu, orang yang liat juga ga ngeuh kalo dia lagi tidur.

Bagi gue seru sih jumatan. Tapi saking serunya ada beberapa hal yang mengganjal dalam pikiran gue. Gue udah niat kalo beres jumatan bakalan gue tanyain ke si Anwar. Hari itu ceramah dan imam sholat tidak terlalu lama buat gue. Gue beres sekitar jam setengah satu, lalu gue dan Anwar mengambil sendal untuk pergi ke koperasi lagi.

Sambil memakai sendal gue udah mikiran beberapa pertanyaan, gue bilang, ‘An, gue kan baru jadi muslim dan ini adalah sholat jumat pertama gue. Gue ada beberapa pertanyaan yang kayaknya perlu untuk lo jawab soal jumatan?’

‘Yaudah tanyain aja, selama itu gue bisa jawab gue bantu lo. Kasian udah mikiran gimana dapet pacar, masa harus mikirin jumatan juga. Hahaha.’ Kata Anwar nyindir gue.

‘Yee lo malah ngeledek gue. Gini, pertama yang gue pengen tanyain, gimana hukumnya orang yang dateng jumatan tapi ketika di masjid dia tertidur?’ tanya gue.

‘Gini, Han. Sebenernya udah ada dalilnya “Siapa yang tidur maka hendaklah dia berwudhu” itu dari haadist riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah’ kata Anwar, menjelaskan ke gue sambil jalan ke arah kantor.

‘Lah terus, kok gue perhatiin lo ga wudhu tadi?’ tanya gue yang bingung.

‘Ada beberapa bentuk tidur, Han. Jadi kalo tidur yang membatalkan wudhu itu tidur yang bikin kesadaran kita hilang. Kayak tidur sambil berbaring atau nyender, karena tidur kayak gitu bikin terlalu nyaman makanya mesti wudhu lagi.’ Kata Anwar ke gue dengan pelan. Dia pikir gue berotak lemot.

‘Terus itungan pahalanya gimana?’ tanya gue lagi.

‘Sebaiknya orang yang jumatan itu mendengarkan khotib pas lagi ceramah. Tapi bagi orang yang tidur, selama itu tidurnya tidak membatalkan wudhu pahala jumatannya dikurangi tapi sholat jumatnya sah.’ kata Anwar.

Sambil berjalan ke arah koperasi, gue sambil terus mikirin hal apalagi yang pengen gue cari tahu tentang jumatan. Sebenernya lokasi koperasi gue ga cukup jauh sih, tapi kalo sambil ngobrol ngga terasa kalo itu tuh jauh. Gue mempunyai pertanyaan lagi buat Anwar setelah gue keiingetan pas berangkat jumatan ada orang yang gue rasa di muslim tapi dia ga berangkat sholat jumat.

‘Bagaimana hukum bagi orang yang tidak shalat jumat?’ tanya gue.

‘Oh soal itu, ada haditsnya yang pernah gue baca dari At Tirmidzi, jadi “Barang siapa yang tidak mengerjakan sholat jumat tiga kali meremehkannya maka Allah akan menutup mata hatinya”, gitu. Jadi kalo emang beneran ga bisa misalkan dalam perjalanan atau lagi sakit itu gpp. Tapi kalo lo masih bisa ya jangan ditinggalin lah.’ Kata Anwar yang hari itu pake kemeja kantor dan peci item.

‘Pernah gue denger orang yang ningalin jumatan selama 3x bakalan jadi kafir, itu bener, An?’

‘Nah ini gue agak gatau sih kafir atau engga. Tapi, intinya sih jangan ninggalin sholat jumat lebih dari 3x. Sesimpel itu deh, ntar gue baca-baca lagi.’ Jawab Anwar yang kebingungan dengan pertanyaan gue

‘Yaudah An, makasih banyak ya udah mau ngejelasin ke gue. Minimal hari ini gue dapet ilmu baru soal jumatan. Hehehe.’ Ucap gue karena ngerasa ngerepotin Anwar.

‘Yaelah, santai aja kali. lo baca lagi aja, Han, takut gue salah.’

‘Emang gue doang? Lo juga kali, tadi aja lo kurang paham.’ Kata gue.

‘Iya iya. Ntar gue baca ulang buku di pesantren gue dulu’ jawab Anwar.

Gue dan Anwar nyampe di koperasi. Dari penjelasan Anwar gue mendapatkan ilmu baru sola jumatan, ya minimal kalo gue pergi jumatan ga banyak pertanyaan lagi. Dan gue juga jadi bisa ceritain ke kalian. Nanti deh gue ceritain lagi kejadian gue yang lain.

Terimakasih banyak sudah mau membaca cerita gue, sampe ketemu di cerita gue selanjutnya. Bye!

0 comments:

Post a Comment