Cerita Pertama Kali Shalat Tarawih Dirumah Bareng Keluarga


Tahun 2020 adalah pertama kali saya, bapak, Ibu, 2 adik saya melaksanakan solat tarawih dirumah dan berjamaah. Biasanya kalo pas hujan ada yang berangkat ke masjid ada yang memilih untuk solat tarawih sendiri. Itu saya sih, karena kalo terawih sendiri bisi milih untuk 11 rakaat aja. Hahaha.

Sebetulnya saya ngerasa ada sedihnya juga ketika bulan ramadhan kali ini kita ngga boleh solat di masjid karena kerasanya kayak bulan bulan ramadhan, ada yang kayak gitu ngga? Sebetulnya solat tarawih dirumah ada enak dan ngga enaknya.

Enaknya kalo solat dirumah ngga perlu ganti baju, saya kemarin solat pake kaos yang saya tulisan ‘tukang rental ps’. Hahaha. Agak canggung sebenernya waktu kami mau melaksanakan solat tarawih berjamaah karena ini adalah yang pertama kali di keluarga kami. Dikira saya solat tarawih dirumah bakalan 11 rakaat, tapi tetep 23 rakaat. Bapak saya emang punya idealis tinggi sama 23 rakaat.

Pas awal solat bapak nawarin saya untuk jadi imam tapi saya ngga mau karena biar kepala keluarga dulu yang jadi imam. Eh bapak malah nawarin ke adik saya, “febi mau feb jadi imam, kan dari UIN” saya merasa kayak diledek “ya kan semua juga dari UIN”.

Yang buat saya lucu adalah ketika ibu saya menyiapkan sajadah untuk solat berjamaah, ibu memberikan jaraka antar sajadah. Saya yang pengen ketawa bilang “ngapain dirumah pake dikasih jarak, kalo dikasih jarak mah udah we solat di masjid” bapak ikut komen juga “udah digabung aja”.

Keluarga saya udah hampir 15 tahun punya usaha rental ps, dan ketika solat tarawih kemarin kami solat di tempat anak2 biasa main ps karena tempatnya cukup gede. Cuman karena solat di tempat ps tiap habis solat bisa liat kode polisi sahabat.

Emang lebih baik kalo tarawihan di masjid sih, lebih kerasa bulan ramadhan, dengerin ceramah walaupun kadang ngga nempel, berusaha nahan ngantuk ketika solat ya masih banyak lagi lah. Kenapa saya bilang gitu? Karena waktu solat teraweh pertama ketika rakaat ke 18 dari luar rumah ada yang teriak “mamah bayu mau nyewa ps”  Ya Allah ngga dirumah ngga di masjid ada aja gangguan pas solat. 

Hehehe.


0 comments:

Post a Comment